PENGURANGAN RISIKO BENCANA

Sebuah proses pemberdayaan komunitas melalui pengalaman mengatasi dan menghadapi bencana yang berfokus pada kegiatan partisipatif untuk melakukan kajian, perencanaan, pengorganisasian kelompok swadaya masyarakat, serta pelibatan dan aksi dari berbagai pemangku kepentingan, dalam menanggulangi bencana sebelum, saat dan sesudah terjadi bencana. Tujuannya agar komunitas mampu mengelola risiko, mengurangi, maupun memulihkan diri dari dampak bencana tanpa ketergantungan dari pihak luar.

 

Bencana tidak bisa kita hilangkan, tetapi bisa dikurangi Risikonya. Bagi siapa saja yang ingin berbagi mengenai upaya pengurangan risiko bencana silahkan mengirim tulisan singkat dapat disertai dengan foto ke alamat email ini : edienugroho@yahoo.com tulisan & foto dalam attach file dengan mencantumkan biografi singkat. Tulisan, Foto yang ada dalam blog ini dapat di sebarluaskan tanpa perlu ijin dari penulisnya. Bagi yang ingin menggunakan segala Tulisan & Foto atau segala sesuatu yang ada dalam blog ini untuk sebuah keperluan apapun Wajib mencantumkan sumbernya ( penulis )

Translate

Bagikan ke :

Share |

Pengunjung

Kamis, 17 Juni 2010

GEMPA TIADA AKAN HENTI !!!

Waduuuuh !!!... kok serem banget sih Judulnya ???? jangan nakutin gitu... aaahh.....!!


bener kok..!

Kok... Bisaaa ????????????

ya bisa aja

Weeeww..... Sebabnya...?????

sebabnya Pergerakan/pergeseran lempeng dunia yang tak pernah berhenti menjadi salah satu penyebab gempa tektonik tak pernah berhenti


oooo begitu trus..... geraknya gimana ???? apa joget-joget gitu ??.... jadinya ada gempa !!

yaaa.. jelas bukan lah..... begini nih :

Lempeng yang bergeser, berlawanan arah yang menimbulkan gempa sangat besar tiada habis bahkan tsunami karena adanya lipatan dan patahan saat lempeng tersebut saling bergeser.

sudah paham atau semakin bingung ?
digambarkan dong biar semakin jelas

Pergeseran Lempeng di Irian Jaya 10.6cm/tahun = 10.6 m/100 tahun


Pergeseran lempeng Fiji - 23.7cm/tahun = 23.7m/100 tahun
Lempeng New Caledonia - 12.3cm/tahun = 12.3m/100 tahun


Pergeseran lempeng Sumatra - Jawa -: 7cm/tahun = 7m/100 tahun


Pergeseran lempeng Jepang - 9.4cm/tahun = 9.4m/100 tahun
lempeng Guam - 6.3cm/tahun = 6.3m/100 tahun


oooaaalaaahhh...... kirain geraknya sambil joget-joget hehehehehe......trus cepet gak geraknya ?
macem-macem ada yang cepet ada yang lambat..

Tiga pergeseran lempeng dunia terbesar tiap 100 tahun :

* Fiji : 23.7m
* New Caledonia : 12.3m
* Papua Irian : 10.6m

kemudian disusul
* jepang : 9.4m
* Sumatera & Jawa : 7.0m


Dengan pergeseran lempeng Irian Papua 10.6m dalam 100 tahun, yang lebih besar daripada Sumatra dan Jawa yang 7m dalam 100 tahun maka peluang gempa di Irian Papua dapat lebih besar daripada gempa di Sumatra dan Jawa, selain faktor lainnya yang juga perlu diperhatikan.

Jika pergeseran lempeng Irian Papua sebesar 10.6m tiap 100 tahun, dan Lempeng yang ada di sebelah kanan Irian Papua, yaitu di sekitar Fiji 23,7m tiap 100 tahun dan sekitar New Caledonia 12,3m tiap 100 tahun, maka hal inilah yang memperburuk kondisii kegempaan di Papua Irian dan Indonesia Timur lainnya sehingga jika terjadi gempa di wilayah tetangga tersebut dengan kedalaman 300-700km maka rambatannya dapat dirasakan di Irian Papua dan Indonesia Timur lainnya.

Perlu diperhatikan ternyata arah pergeseran dua lempeng Fiji dan New Caledonia ternyata berlawanan sehingga dampaknya makin parah di wilayah tersebut termasuk arah pergeseran lempeng Papua Irian juga berlawanan arah dengan lempeng Fiji.

Lempeng tetangga Indonesia dari arah timur laut adalah pergeseran lempeng Guam / Mariana sebesar 6.3m tiap 100 tahun. Perlu diperhatikan bahwa arah pergeseran lempeng ini secara frontal berlawanan dengan arah pergeseran lempeng Papua Irian dan Sumatra Jawa.Hal inilah yang menyebabkan jika terjadi gempa di wilayah Mariana / Guam maka rambatannya dirasakan di wilayah Indonesia Timur dari arah timur laut.

Naahhh....... sudah paham kan sekarang ??? makanya kita harus selalu Waspada

iya..... ya......kalau......di bawah sana di pasang trafic light gimana yaaa. biar bisa diatur geser-geser nya lempeng-lempeng itu jadi bisa teratur juga
bergesernya ....... hehehehehehhehehee gimana ??

!!!!!~~~@#$%^&*)......(??>//''//.?????
artinya apa tuh ?
Auuu aahh ........



Salam Waspada

Sumber : http://baird.si.edu/minsci/tdpmap/viewer.htm

Komentar :

ada 2 komentar ke “GEMPA TIADA AKAN HENTI !!!”
Nicko mengatakan...
pada hari 

kalo tau jadi malah takut ya.............!
hehehe.. seyem.
Buka juga blog ku http://jejakguru.co.cc/
otre ^_^

Bang Joe mengatakan...
pada hari 

Terimakasih infonya kang Edie. Bisa gak kang diposting Sejarah Gempa Darat yang terjadi di Sumatra?

Posting Komentar

Fase Bulan

CURRENT MOON
 

Snap Shots

Get Free Shots from Snap.com
This Blog is Made for Interest or Media Information Dissemination Campaign for Disaster Risk Reduction and Share Experiences | Made by Edie Nugroho