PENGURANGAN RISIKO BENCANA

Sebuah proses pemberdayaan komunitas melalui pengalaman mengatasi dan menghadapi bencana yang berfokus pada kegiatan partisipatif untuk melakukan kajian, perencanaan, pengorganisasian kelompok swadaya masyarakat, serta pelibatan dan aksi dari berbagai pemangku kepentingan, dalam menanggulangi bencana sebelum, saat dan sesudah terjadi bencana. Tujuannya agar komunitas mampu mengelola risiko, mengurangi, maupun memulihkan diri dari dampak bencana tanpa ketergantungan dari pihak luar.

 

Bencana tidak bisa kita hilangkan, tetapi bisa dikurangi Risikonya. Bagi siapa saja yang ingin berbagi mengenai upaya pengurangan risiko bencana silahkan mengirim tulisan singkat dapat disertai dengan foto ke alamat email ini : edienugroho@yahoo.com tulisan & foto dalam attach file dengan mencantumkan biografi singkat. Tulisan, Foto yang ada dalam blog ini dapat di sebarluaskan tanpa perlu ijin dari penulisnya. Bagi yang ingin menggunakan segala Tulisan & Foto atau segala sesuatu yang ada dalam blog ini untuk sebuah keperluan apapun Wajib mencantumkan sumbernya ( penulis )

Translate

Bagikan ke :

Share |

Pengunjung

Jumat, 18 Juni 2010

POTENSI GEMPA DI SEKITAR GARIS-GARIS LEMPENG di INDONESIA

Dengan kemajuan teknologi, melalui aplikasi Google Earth, para ahli telah melakukan pemetaan garis-garis lempeng dunia di mana di sekitar garis-garis tersebut telah terjadi gempa-gempa besar. Di sekitar garis-garis itu pun berpotensi terjadi gempa besar berikutnya.

Woow !!..... begitu yaa .... bisa lihat ?

Tentu saja bisa.... tapi ini Indonesia saja yaa..... ini juga ada kaitannya dengan tulisan yang kemarin loh ...GEMPA TIADA HENTI

oh.... iyaa.........gempa besar yang ditampilkan di sini adalah 7-9SR saja, untuk menunjukkan kuatnya hubungan garis-garis lempeng dengan gempa-gempa besar tersebut.

iya .... cepat sedikit ..sudah tidak sabar nih ....

Okay ........ ini gambarnya :

Keterangan garis-garis lempeng dunia :








Garis-garis lempeng Indonesia dan tetangga serta gempa besar di sekitar garis


Garis-garis lempeng Sumatra dan gempa besar di sekitar garis



Garis-garis lempeng Sumatra dan gempa besar di sekitar garis

Coba Lihat gambar di diatas ini dari pulau We terus ke darat termasuk Banda Aceh , yang berpotensi terjadi gempa besar.

yang mana ? bingung !!


yang dilalui garis merah


ooo.. yang itu ..... iya kelihatan !


Gempa Tsunami besar Aceh 9SR, berada dalam perbatasan garis lempeng dengan Andaman Nicobar sebagai titik terujung dan terlemah sehingga terjadi pertemuan dengan lempeng sekitarnya (Nias Mentawai dan selanjutnya). Artinya potensi terjadinya kembali gempa besar di sekitar wilayah yang sama. Gempa Nicobar yg baru lalu juga berada pada garis subduksi.

Kalau daerah lainya ada ? seperti Jawa ...

ada ... ini gambarnya
Gempa-gempa besar Jawa dan Sumatra berada di sekitar garis subduksi lempeng (garis berwarna biru)

Yang Indonesia Timur juga ada gambarnya ?

Pasti ada !!

Garis-garis lempeng Sulawesi, Sumbawa, Sumba, Flores, Timor dan gempa2 besar di sekitar garis2 tersebut

Garis-garis lempeng Timor, Maluku, Laut Banda, Laut Aru, Halmahera, Irian Barat dan gempa2 besar di sekitar garis2 tersebut



Garis-garis lempeng Laut Banda, Laut Aru, Irian Barat, Papua dan gempa2 besar di sekitar garis2 tersebut

Gempa besar 7.3SR di Biak yang baru lalu juga berada di sekitar garis lempeng. COBA PERHATIKAN bahwa garis merah di sekitar darat Irian pada gambar di bawah ini, sangat panjang dan belum terjadi catatan gempa besar sehingga sangat berpotensi terjadi gempa selanjutnya di masa datang di wilayah sekitar garis merah tersebut.

Sudah semakin jelas kan ... penyebab gempa tiada henti

Iya... sudah.. kalo ada lagi ditambahan ya.. Terima kasih.........

Dah dulu yaa... Jatah billing nya di Warnet sudah mau Habis hehehehehehe........


Sumber : richocean.wordpress.com

Komentar :

ada 0 komentar ke “POTENSI GEMPA DI SEKITAR GARIS-GARIS LEMPENG di INDONESIA”

Posting Komentar

Fase Bulan

CURRENT MOON
 

Snap Shots

Get Free Shots from Snap.com
This Blog is Made for Interest or Media Information Dissemination Campaign for Disaster Risk Reduction and Share Experiences | Made by Edie Nugroho